Arabic Korean Japanese Chinese Simplified English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese

KEPADA SELURUH PENGUNJUNG BLOG INI JIKA TERDAPAT LINK ATAU TAUTAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN TULISAN DI BLOG INI HARAP MEMBERI TAHU LEWAT KOTAK PESAN DI SIDE BAR BLOG INI

Layout atau tata letak di blog bisa bermacam-macam tergantung pada adminnya. pada awal kita membuat blog, template yang dipakai tentunya template buatan blogger, yang umumnya hanya menyediakan template dengan dua kolom saja.
nah pada tutorial kali ini saya akan memberikan info tentang mengatur layout atau tata letak dari komponen blog. sebelum kita mengaturnya tentu harus mengenal terlebih dahulu apa saja isi dari layout itu.
Setelah kita membuat blog dan melakukan posting kita bisa melihat tatanan atau tataletak element blog kita dengan cara mengklik menu "layout" dan secara otomatis pula kita akan masuk dalam sub menu "Page Element", dari situ kita bisa melihat komponen dari blog kita diantaranya:


  1. Navbar: yaitu singkatan dari Navigation bar yang terletak di bagian paling atas blog, pada bagian ini tidak bisa kita edit, karena ini adalah fasilitas blogger untuk memudahkan kita dalam mengedit blog, sera mengunjungi blog lainnya.

  2. Head: yaitu bagian atas dari blog kita, dengan mengklik tulisan edit di bagian kanannya kita bisa memberikan judul ataupun memasukan gambar di bagian ini.

  3. Blog Post: yaitu tempat tampilnya artikel yang kita publikasikan dengan cara mempostingnya, untuk membaca keterangan lengkap cara memposting artikel silahkan klik disini.

  4. Sidebar: pada bagian ini kita bisa menambah elemen blog misalnya menambahkan kalender, jam, penghitung pengunjung, dan sebagainya.

  5. Footer: bagian ini berfungsi sama dengan sidebar, hanya saja letaknya dibagian bawah, kita bisa menyisipkan fasilitas2 blog disini.
Catatan:
Untuk mengedit salahsatu element atau gadget blog, kita bisa mengklik tulisan edit pada masing masing komponen tersebut.
Untuk menambah element atau gadget blog kita hanya perlu mengklik tulisan "Add a Gadget"
Untuk mengatur penempatan atau memindahkan gadget, kita bisa langsung men-drag-nya ke posisi yang kita inginkan.

Contoh diatas adalah untuk jenis layout standar blogger, jika kamu ingin menambah sidebar atau misalnya memperlebar area posting dan lainya yang berhubungan dengan layout blog, prasyarat yang harus kamu miliki adalah pemahaman bahasa css dan html, kalau sudah mempelajarinya kamu bisa mengatur pengubahan tersebut dengan cara meng-klik menu "edit HTML". Tapi kalau kamu ingin cara cepat kamu bisa juga mengganti template dengan template instan alias siap pakai, yang sudah saya sediakan di blog ini.




Gratis berlangganan artikel terbaru dari blog prie23 langsung dikirim ke mailbox anda. Silahkan masukan alamat email anda pada kotak isian di bawah ini, lalu tekan tombol Berlangganan atau Klik di sini untuk membacanya fia Feeds!

   



1 comments


Anonim mengatakan... @ 19 Maret 2009 pukul 02.05

bingung nich.. gmn c caranya?



Telah Selesai Membaca Postingan di Atas?


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))


Klik Banner di bawah -> Gratis Upload File Kamu Di ziddu (UNLIMITED)

Pendaftaran Gratis -> Upload File Kamu -> File di Download -> Kamu Dapet Duit -> Mau?