Arabic Korean Japanese Chinese Simplified English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese

KEPADA SELURUH PENGUNJUNG BLOG INI JIKA TERDAPAT LINK ATAU TAUTAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN TULISAN DI BLOG INI HARAP MEMBERI TAHU LEWAT KOTAK PESAN DI SIDE BAR BLOG INI

Kita semua sudah tahu kalau penginstalan Vista yang mencapai hampir 3 GB adalah aplikasi yang cukup banyak makan tempat yang akibatnya gak bisa di instalkan di sembarangan PC, terus apa kita harus beli PC baru yang mendukung windows vista? jawabannya ya terserah anda.

Buat saya pribadi, kalau ada cara yang lebih murah kenapa harus pilih cara yang mahal. Cara yang saya maksud adalah membuat installer vista menjadi ‘slim’ dan otomatis dengan bantuan software Vlite yang sekarang sudah mencapai versi 1.1.
To the point aja dech, ulasan ringkasnya bisa anda lihat, saksikan, amati, perhatikan, atau apa sajalah terserah anda.


Beberapa langkah yang perlu dilakukan adalah :

1. Download dan Instal Vlite

2. Siapkan DVD Vista Installer, copy ke salah satu folder, misalnya "D:\VistaDVD"

3. Run program Vlite dan browse DVD Vista folder. Pilih salah satu Edisi Vista yang mau di’kustomasi’ : Ultimate, Home basic, Home Premium, Bisnis maupun Starter edition.


4. Pilih Task yang akan dilakukan : Integrasi, Komponen, Tweaks, Unattended maupun ISO (membuat CD yang bootable).


5. Mengintegrasikan Update, Hotfix, security, driver maupun Language Pack ke dalam DVD installer kita. Sehingga kita memiliki installer Vista yang ‘up to date’ diintegrasikan dengan driver yang diperlukan computer kita, So… kita nggak repot lagi menginstall driver tambahan yang bisaanya diperlukan saat memformat computer.


Lalu… dimana kita bisa dapatkan hotfix atau update yang bisa didownload gratis? Diantaranya anda bisa dapatkan di link berikut : http://thehotfixshare.net, http://www.vistasp1.net, http://aaron-kelley.net. Jika masih kurang, tanyakan saja pada paman Google.


6. Mengkustomasi komponen windows. Anda dapat membuang komponen yang tidak diperlukan, sehingga ukuran CD installer dan waktu penginstallan menjadi berkurang. Antara lain membuang bahasa Korea, China dan Jepang, jika anda tidak memerlukannya. Atau anda dapat juga mendisable error reporting, setting explorer, atau apa saja yang anda tidak suka dan tinggal anda pilih.


7. Tweaks pada Vista yang akan diinstal. Dapat berupa system, security, explorer, maupun Internet seting. Yang paling favorit antara lain mendisable User Account Control, yang paling mengganggu pada saat akan menginstal atau menjalankan program.


8. Mengisi data sebagai input Autounattend.xml file yang berfungsi sebagai switch supaya penginstalan Windows dapat berjalan otomatis, tanpa interaksi yang terus menerus dari kita. Anda dapat mengisi Product key, User Name, Bahasa, time setting, dan password. Pada tingkat lanjut, anda dapat mengedit dengan Windows Automated Installation Kit, sehingga pilihan lain bisa lebih sempurna, antara lain Penambahan User Name, Display setting, penginstalan software otomatis setelah windows selesai, atau yang lainnya.


9. Setelah semua proses terlalui, software akan bekerja otomatis dengan mengklik tombol “Apply”. Anda dapat memilih 3 option pada proses ini : Rebuild untuk seluruh windows, hanya untuk windows yang dipilih maupun menghapus seluruh windows kecuali windows yang kita pilih, sehingga ukuran CD akan berkurang drastis.


10. Langkah terakhir dari proses kustomasi ini adalah, membakar Windows File yang sudah kita buat menjadi DVD yang bootable atau kita buat file ISO yang dapat dipakai untuk Mencoba apakah Vista Installer kita berhasil atau gagal.


Untuk Mencoba file iso yang sudah ada, kita memerlukan Virtual PC. Yaitu kita mengisntal Windows di dalam computer kita. Dengan kata lain computer di dalam computer. Kita bisa melihat penginstalan windows dari awal sampai akhir, tanpa mengganggu operating system kita.

Penasaran?.... Silakan mencoba




Gratis berlangganan artikel terbaru dari blog prie23 langsung dikirim ke mailbox anda. Silahkan masukan alamat email anda pada kotak isian di bawah ini, lalu tekan tombol Berlangganan atau Klik di sini untuk membacanya fia Feeds!

   



0 comments



Telah Selesai Membaca Postingan di Atas?


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))


Klik Banner di bawah -> Gratis Upload File Kamu Di ziddu (UNLIMITED)

Pendaftaran Gratis -> Upload File Kamu -> File di Download -> Kamu Dapet Duit -> Mau?