Arabic Korean Japanese Chinese Simplified English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese

KEPADA SELURUH PENGUNJUNG BLOG INI JIKA TERDAPAT LINK ATAU TAUTAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN TULISAN DI BLOG INI HARAP MEMBERI TAHU LEWAT KOTAK PESAN DI SIDE BAR BLOG INI

Semakin hari semakin kreatif, mungkin itu kalimat yang cocok buat para blogger yang memfungsikan blognya sebagai media promosi. Beberapa blog yang saya kunjungi banyak yang dialih fungsikan sebagai sarana untuk menjual barang/produk alias promosi. Blog-blog ini bukan hanya blog milikk pribadi saja, tapi tidak jarang juga blog-blog perusahaan kecil dan menengah.

Barang-barang yang ditawarkannya pun bermacam-macam mulai dari produk rumahan sampai elektronik sudah ada di blog, bahkan ada yang di-design layaknya sebuah Web Store, kreatif bukan? Apakah kamu juga berniat untuk promosi suatu produk melalui blog?

jika ya, tentunya kamu ingin membuat tabel dalam postingan, kalau kamu sudah bisa membuatnya silahkan berkreasi! tapi kalau belum tahu cara membuatnya, tetap saja "Bloging must go on", dan jangan berhenti ngeblog cuma gara-gara gk bisa bikin tabel.

Untuk itu saya coba berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara membuat 'tabel' di blog, caranya yaitu dengan menggunakan tag table HTML.

Berikut adalah format standar tag tabel di HTML, jadi bila ada masalah waktu editing bisa di update secara manual dari lembar 'editing' dengan menggunakan mode 'Edit HTML'


*HTML diatas merupakan tabel dengan format 2 kolom dan 2 baris

Keterangan:
<table></table> = Tabel
<tr></tr> = Baris pada tabel
<td></td> = Kolom pada tabel


Gimana? Apa sudah paham dengan penjelasanku tadi? kalau bingung masih ada cara lainnya yang lebih Friendly buat kamu yang bingung dengan bahasa HTML.
Menggunakan cara kedua ini kamu tidak perlu repot-repot untuk mengetikkan kode HTML secara manual,karena editor yang ada di blogspot merupakan program 'javascript' atau kalau yang pernah menggunakan 'Lotus Wysiwyg' (Hehehe... Pelajaranku Waktu SMP) ini adalah model yang sama.

Jadi kamu tinggal copy (Ctrl+C) dari MS.Excel dan Paste (Ctrl+V) di lembar editor di blogspot saja, maka secara otomatis tabel akan langsung membuat kode HTML-nya, tapi jangan lupa untuk mode editor-nya harus pada posisi "Compose" atau "Tulis" dan setelah itu masih bisa di edit besar kecil tabel tersebut seperti table yang ada di Ms.Word.

Pada beberapa kasus hasilnya mungkin tidak sama persis dengan tampilan yang ada di Ms.Excel, misalnya garis tidak muncul, jika kamu punya masalah seperti itu, maka diperlukan edit manual untuk memperbaikinya.

Langkah-langkah membuat tabel secara otomatis:

Langkah-1:
Buka lembaran posting (editor) pada blogspot, dan pastikan posisi pada mode "Compose"

Langkah-2:
Buka file "Tabel"' yang ada di Ms.Excel lalu select (sorot) cell tabel yang ingin ditampilkan dan copy (Ctrl+C), kemudian kembali ke lembaran editor blogspot dan paste (Ctrl+V) disana.

Langkah-3 (problem solving):
Langkah terakhir adalah membuat garis tabel tersebut, pindahkan mode editor anda ke mode "Edit HTML". Rubah angka border yang ada di dalam tag tabel tersebut menjadi border="1" dan untuk lebih rapih tampilan tabel tersebut beri spasi antara garis dengan text didalamnya dengan merubah cellpadding="4"

Seperti ini: <table ... border="1" ... cellpadding="4" ..>

Selamat Mencoba, Semoga bermanfaat...!




Gratis berlangganan artikel terbaru dari blog prie23 langsung dikirim ke mailbox anda. Silahkan masukan alamat email anda pada kotak isian di bawah ini, lalu tekan tombol Berlangganan atau Klik di sini untuk membacanya fia Feeds!

   



0 comments



Telah Selesai Membaca Postingan di Atas?


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))


Klik Banner di bawah -> Gratis Upload File Kamu Di ziddu (UNLIMITED)

Pendaftaran Gratis -> Upload File Kamu -> File di Download -> Kamu Dapet Duit -> Mau?